Get me outta here!

Kamis, 21 Februari 2013

Mengapa Tubuh Udang Bengkok


Judul      : Mengapa Tubuh Udang Bengkok
Penulis    : Murti Bunanta
Ilustrator : Denny A. Djoenaid
Tahun      : 2005
Penerbit : KPBA

Buku ini menceritakan kisah rakyat dari Kalimantan Tengah tentang asal-usul tubuh udang yang bengkok.
Alkisah, para ikan dan udang ingin membuka sebuah ladang yang baru dengan membabat hutan. Mereka saling bergotong royong, dan secara bergiliran salah satu dari mereka menyiapkan makan bagi yang lain. Para ikan satu persatu menyiapkan makanan yang lezat  hingga giliran berikutnya adalah si udang. Udang yang bingung, tanpa mau bertanya pada ikan yang lain mulai menyiapkan makanan. Tapi karena tidak mau bertanya itulah, dia terebus dalam kuali dan mati dalam keadaan bengkok.

Cerita rakyat dari Kalimantan ini mengajarkan kepada kita, bahwa melakukan sesuatu yang tanpa bertanya pada orang lain akan menimbulkan bencana. Udang yang ingin menyiapkan makanan lezat seperti kawan-kawannya, tapi celaka karena ke sok-tahuannya. Selain itu, cerita rakyat ini juga mengajarkan nilai kegortong royongan yang ada dalam masyarakat  Kalimantan Tengah yaitu mandep.Suatu nilai yang jarang kita temui di daerah perkotaan saat ini.

Ilustrasi yang dikerjakan oleh Denny A. Djoenaid ini sangat kaya warna dan cerah. Ilustrasinyapun lucu karena memperlihatkan para hewan yang seharusnya hidup di air, kini hidup di darat dan melakukan pekerjaan manusia seperti menebang, memasak. Secara keseluruhan buku ini menarik untuk dibaca bagi anak-anak  ataupun oleh para pendamping anak dan juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris karena buku ini diterbitkan dwibahasa (Indonesia dan Inggris).

0 komentar:

Posting Komentar