Get me outta here!

Rabu, 21 Agustus 2013

Menyelamatkan Dunia ala Anak-anak





Judul: Judy Moody Menyelamatkan Dunia.
Penerbit: Gramedia
Pengarang: Megan McDonald
Ilustrasi: Peter Reynolds
Bahasa : Indonesia
 
Judi Moody suka sekali dengan plester  Crazy Straps yang juga sedang menyelenggarakan lomba mendesain sendiri  plestermu. Tentu saja Judy dan adiknya  mengikuti lomba tersebut. Judy dengan desain selamatkan bumi dan adiknya dengan desain kelelawar.
Ketika pelajaran Sains tiba, Mr Tody menjelaskan tentang hal-hal yang mengerikan dan menyedihkan yang dilakukan manusia terhadap hutan hujan. Pelajaran itu amat terserap oleh Judy dan akhirnya ia praktekkan itu di rumah. Ia tidak suka dengan anggota keluarganya yang menggunakan barang-barang yang menyakiti bumi seperti permen karet, kopi, kertas belanjaan. Ia membuang semuanya saat penghuni rumah terlelap  yang menimbulkan kegaduhan di dapur. Kegaduhan itu pun membuat bangun seluruh penghuni rumah. Melihat tingkah Judy, mereka tidak suka dan sedih karena barang-barang yang dibuang.
Tindakan Judy tidak berhenti disitu, saat setelah pelajaran sains lagi yang membahas mengenai pensil-pensil yang terbuat dari pohon dari hutan hujan yang ditebang, Judy mengambil semua pensil teman-temannya saat jam istirahat. Tentu saja kemudian ketahuan oleh semua orang. Disitulah awal mula gerakan menyelamatkan dunia Judy dan kawan-kawannya. Mereka berpikir bahwa mereka tetap membutuhkan pensil meskipun sebenarnya itu akan menyakiti bumi sehingga kita harus menggunakannya secara bijak dan ikut serta dalam menanam pohon untuk hutan hujan. Judy tidak memenangkan perlombaan desain plester yang disukainya, namun ia mendapatkan piala jerapah karena telah menyelamatkan bumi.
Buku ini mengajarkan agar anak turut peduli pada bumi namun jangan ditelan mentah-mentah informasi yang didapatkan dan itulah yang diajarkan dari tokoh Judy.
Dengan adanya buku ini menunjukkan jika menyelamatkan bumi tidak hanya melalui aksi saja namun melalui tulisan atau bacaanpun bisa turut menyelamatkan bumi. Dan itulah yang dilakukan Megan McDonald selaku pengarang buku ini. Tak hanya tulisan saja namun buku ini juga disertai ilustrasi yang lucu, menarik dan sesuai dengan ceritanya. (Fafa)

0 komentar:

Posting Komentar