Get me outta here!

Rabu, 06 Maret 2013

Melihat Gandhi Melalui Komik

 Judul Buku: Tokoh-Tokoh Besar Dalam Sejarah: Mahatma Gandhi

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Mohandas Karamchand Gandhi berasal dari India, masuk dalam kasta Vaisya. Sejak kecil ia telah memiliki rasa peka terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Ia merasa kasta, yang merupakan sistem masyarakat Hindu, seharusnya tidak menjadi jurang pemisah. Ia juga telah mengalami perlakuan tidak adil dari prajurit Inggris yang kala itu menjajah India.

Perlakuan prajurit Inggris yang diterima oleh Gandhi membuatnya bertekad untuk melakukan sesuatu untuk negaranya. Oleh karena itu, ia akhirnya memutuskan pergi sekolah ke Inggris untuk menjadi pengacara. Dengan pergi ke Inggris, Gandhi berpikir bisa lebih mengenal masyarakat dan pemerintah Inggris. Namun, usahanya tidak mudah. Selepas berhasil menjadi pengacara, Gandhi menemukan diskrimani yang amat besar bagi warga India. Di negaranya tersebut, pengacara India tidak bisa menang melawan pengacara Inggris. Hal ini menyebabkan tidak ada warga yang ingin menggunakan jasa pengacara dari India.

Diskriminasi yang terus ditemui Gandhi membuatnya semakin bertekad untuk membuat negaranya jadi lebih baik. Apalagi diskriminasi tersebut tak hanya ia temui di India. Bahkan di Afrika diskriminasi terhadap orang India sangat kental.

Gandhi terkenal dengan usahanya menghapuskan diskriminasi tanpa kekerasan. Seberat apapun pemerintah Inggris menentang usahanya, Gandhi tidak pernah menggunakan kekerasan dalam perlawanannya. Salah satunya yaitu melalui Gerakan Hartal, yang mengajak warga India untuk mogok kerja di perusahaan-perusahaan milik Inggris. Toko-toko pun berhenti menjual barang-barang produksi Inggris. Selain itu, ia juga melakukan aksi mogok makan untuk menghadapi perlakuan tidak adil yang diterimanya. Usaha Gandhi ini akhirnya membuahkan hasil setelah perjuangan yang sangat lama.

Seri Tokoh Besar Dunia ini sangat menarik karena dikisahkan dalam bentuk komik berwarna. Alurnya mudah dimengerti dengan bahasa percakapan yang tidak terlalu baku. Apalagi dalam komik ini ada tokoh baru, seperti Sing dan Alpha Plus. Mereka berdua adalah tokoh dari masa depan yang berjalan ke masa lalu untuk melihat kehidupan Gandhi. Kehadiran kedua tokoh ini membuat cerita tidak terlalu monoton karena diselingi candaan maupun informasi tambahan mengenai Mahatma Gandhi.

0 komentar:

Posting Komentar