Get me outta here!

Kamis, 13 Juni 2013

Menjaga Kepercayaan Orang Lain


Judul         : Burung Elang dan Induk Ayam
Pengarang : Zaza Gambir
Penerbit    : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun        : 2001



Zaman dulu kala, Burung Elang dan Induk Ayam saling bersahabat. Keduanya saling tolong menolong. Apabila anak-anak ayam baru mengalami kesulitan Burung Elang membantunya, begitu pula Induk Ayam. Suatu ketika, Induk Ayam menerima undangan untuk pesta. Lalu, dia mendatangi sarang Burung Elang untuk meminjam cincin yang dimiliki oleh Burung Elang. Burung Elang pun tidak sungkan untuk meminjamnya karena sudah akrab. Tetapi, Burung Elang memberikan peringatan bahwa apabila cincin itu hilang maka sebagai gantinya adalah nyawa anak-anak ayam. Induk Ayam pun menyetujuinya. 

 Induk Ayam Ingin Meminjam Cincin Milik Si Elang...

Setelah itu, Induk Ayam berangkat ke pesta dengan cincin tersebut dan menjadi pusat perhatian. Induk Ayam menikmati pesta dengan penuh suka cita sehingga dia tidak menyadari bahwa cincinnya hilang. Setelah pesta, baru dia menyadari bahwa cincinnya hilang dan langsung dia mencarinya dan tidak ketemu.
Keesokan harinya, Induk Ayam memberitahukan kehilangan cincinnya kepada Burung Elang. Lalu, Burung Elang marah besar dan meminta janji yang sudah disepakati dulu yaitu Burung Elang akan memangsa anak-anak ayam. Sejak saat itulah, Burung Elang memangsa anak-anak ayam hingga sekarang.
Pesan yang didapatkan dari cerita tersebut adalah kita harus menjaga kepercayaan orang lain sehingga kita tetap dipercaya dan tidak membuat orang lain marah atau sakit hati terhadap kita.
(Dim)

0 komentar:

Posting Komentar