Get me outta here!

Sabtu, 14 Desember 2013

Bekerja dan Menikmati Hasilnya


Judul :The Little Red Hen
Penulis : Paul Galdone
Penerbit : Clarion
Tahun : 1973
Bahasa : Inggris


Di suatu waktu, kucing, tikus, anjing dan ayam kecil tinggal di sebuah rumah yang nyaman. Kucing, anjing dan tikus senang menghabiskan waktunya seharian dengan tidur. Hanya si ayamlah yang dengan rajin mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Suatu hari ayam menemukan benih gandum, maka kemudian ayam bertanya pada kawan-kawannya “Siapa yang akan menanam gandum ini?”, kucing, anjing dan tikus menjawab dengan kata-kata yang sama “Bukan aku”. Demikianlah, ayam sendiri yang menanam. Saat akan memotong gandum yang sudah tumbuh tinggi,menggilingnya menjadi tepung, kemudian memasaknya menjadi kue, ayam selalu menanyakan siapa yang akan mengerjakannya pada anjing,kucin dan tikus. Jawaban sama muncul “Bukan aku”, dan selalu si ayam yang akan mengerjakannya. Baru setelah kuenya matang, saat ayam bertanya “Siapa yang akan memakan kue ini?” kucing,anjing dan tikus member jawaban yang berbeda “Aku!”, tapi ayam tidak memberikannya dan memakan kue itu sendiri, karena dia sendiri yang melakukan segalanya dari awal.
 Jawaban yang sama dari ketiga pemalas

Kisah 4 sekawan ini mengajarkan nilai kerja keras dan usaha. Untuk mendapatkan sesuatu, kita harus berusaha dan tidak dengan bermalas-malasan. Penggunaan frasa-frasa “Siapa yang akan…?”, “Bukan aku” dan “ Aku” untuk setiap pekerjaan membuat membaca kisah ini menjadi penasaran melihat akhir kisah ini. Ilustrasi yang digunakan juga menarik, karena kita melihat betapa rajinnya si ayam dan betapa malasnya kucing,anjing dan tikus. Terkadang lucu karena kita melihat wajah kucing, anjing dan tikus yang malas tersisip dalam kata-kata “Bukan aku”. Buku ini cukup baik untuk menggambarkan buah dari dari kerja keras dan usaha.

0 komentar:

Posting Komentar