Get me outta here!

Rabu, 24 Juli 2013

Beruang Kecil dan Ibunya




Judul : Little Bear
Penulis : Else Holmelund Minarik
Penerbit : Harper Collins
Tahun terbit : 1957
bahasa : Bahasa Inggris

Suatu hari di musim salju dan dingin, beruang kecil ingin keluar. Tapi melihat salju itu, dia merengek pada ibunya untuk diberikan sesuatu yang dapat dipakainya. Topi pertama dipakai, baju kemudian, lalu celana. Tapi beruang kecil tetap merengek, ibunya menjawab “Pakailah bulu” dan beruang kecil pun melepaskan semua pakaian dan topinya. Dia kemudian bermain salju tanpa merasa dingin. Di kemudian hari, pada saat hari ulang tahunnya, beruang kecil tidak melihat ibu dan kue ulang tahunnya, sehingga dia membuat sup ulang tahun untuk dimakan bersama temannya. 

Tepat sebelum mereka makan, ibu beruang datang sambil membawa kue ulang tahun si beruang kecil. Beruang kecil juga punya mimpi, mimpi menjadi astronot dan pergi ke planet yang lain. Dia pergi keluar, meloncat dari sebatang pohon dan seolah terbang, yakin ia telah sampai ke sebuah planet asing. Ia berjalan dan terus berjalan hingga menemukan sebuah rumah yang mirip rumahnya dan bertemu ibu beruang yang mirip ibunya. Ibu beruang itu dengan hangat menyajikan sup hangat untuk si beruang kecil. Dan pada malam hari, beruang kecil ditemani ibunya, membicarakan semua keinginannya. Beruang kecil terus berbicara hingga ia mengucapkan keinginannya yang terakhir, yaitu meminta ibunya untuk menceritakan sebuah kisah sebelum tidur padanya…..

Apapun yang dilakukan beruang kecil, ibu beruang tahu yang terbaik. Ibu beruang selalu ingat hari penting beruang kecil, dan ibu beruang selalu menunggu beruang kecil dengan ramah dan hangat bagaimanapun menjengkelkannya tingkah laku si beruang kecil. Sama seperti ibu beruang, kalau kita ingat ibu kita sendiri, maka beliau akan bertindak sama kepada kita, penuh dengan kasih sayang


Buku ini menggunakan bahasa yang sederhana, dan memang ditujukan untuk anak usia 4 sampai 8 tahun. Buku ini memberikan contoh bentuk kasih sayang ibu pada anaknya yang diceritakan dalam 4 cerita yang berbeda. Ilustrasi dikerjakan oleh Maurice Sendak yang terkenal dengan karyanya ‘What Wild Things Are’ dan sudah memperoleh banyak penghargaan. Unsur-unsur tersebut menjadikan cerita ini cocok dibaca sebagai cerita pengantar tidur. Jadi, apa yang bisa seorang anak lakukan untuk menyenangkan ibunya? Turuti setiap nasihatnya, cukup untuk membahagiakannya.


0 komentar:

Posting Komentar