Get me outta here!

Selasa, 30 Juli 2013

Harapan dalam Hutan Kelam dan Dingin



Judul : Owl Moon
Penulis : Jane Yolen
Tahun terbit : 1988
Penerbit : Scholastic
Bahasa : Bahasa Inggris




Malam itu malam yang dingin, diterangi oleh bulan purnama,dengan hamparan salju yang luas, tak ada angin yang berhembus, sehingga pohon-pohon un diam tampak seperti patung. Pada malam itu pula aku diajak oleh Ayah untuk mencari dan memanggil burung hantu di hutan. Kemudian berangkatlah aku menuju hutan cemara yang sunyi dn gelap. Kata Ayah, aku tidak boleh ribut dan harus diam saat mencari burung hantu itu. Maka masuklah aku bersama ayah kedalam hutan. Beberapa lama aku masuk tapi tidak terlihat satupun burung hantu yang dimaksud, kakak pernah bilang kalau burung hantu terkadang bisa ditemukan tapi terkadang juga tidak bisa kita temukan. Ayah kemudian berhenti sesaat dan menirukan suara burung hantu, berharap ada burung hantu yang tertarik.Tapi tidak..dan kami pun meneruskan perjalanan menembus hutan cemara yang gelap…



Owl Moon menceritakan kegiatan sebuah keluarga pada saat musim salju. Mencari burung hantu merupakan kegiatan turun temurun yang dilakukan oleh anak yang dianggap sudah mampu. Dalam kegelapan hutan cemara yang dingin dan gelap, dengan hasil tak tentu dan bahkan tidak boleh ribut untuk sekedar menyenangkan diri jika bosan, hanya berbekal pada harapan saja. Ya.selalu memiliki harapan adalah nilai moral yang ingin diajarkan dalam kisah ini. Meskipun lingkungan tampak tak mendukung tak memberikan hasil, kita harus terus berusaha dan berharap.

Cerita Owl Moon ini memiliki ilustrasi yang bagus, dengan pilihan warna yang mampu menampilkan suasana yang sunyi dan gelap. Dilukis dengan menggunakan pena dan cat air oleh Jon Schoenherr, buku ini memenangkan Caldeott Award,sebuah penghargaan bergengsi Amerika untuk buku anak bergambar.Selain Caldecott, buku ini juga menjadi ALA Notable Book, a Reading Rainbow book, a Junior Literary Guild selection, Yankee Magazine’s 100 Classic New England Children’s Books, Kentucky Bluegrass Master List dan nominasi dalam North Dakota Flickertail Award. Sejumlah bentuk pengakuan akan kualitas buku ini. Ceritanya dituliskan dengan bahasa Inggris yang sederhana, dan disusun seperti puisi.  Alur cerita dan suasana yang dibangun, ditunjang oleh ilustrasi yang mendukung dan cara membaca yang menyenangkan menjadikan buku ini cocok dibaca oleh anak dan orang tua yang belajar tentang harapan.

Apakah ‘Aku’ dapat menemukan burung hantu itu? (dwiki)

0 komentar:

Posting Komentar