Get me outta here!

Selasa, 05 Juni 2012

Mengenal Penghargaan Buku Anak-Anak: The Caldecott dan Newberry Medal

Seringkali kita menjumpai buku anak-anak yang mendapat penghargaan dari organisasi tertentu. Namun, belum banyak yang mengetahui informasi mengenai penghargaan tersebut. Berikut Bledug Mrapi merangkum beberapa penghargaan untuk buku anak-anak, salah satu yang paling terkenal adalah The Caldecott Medal. 

The Caldecott Medal adalah penghargaan untuk buku anak-anak bergambar. Penghargaan ini diberikan kepada sang illustrator oleh The Association for Library Service to Children (ALSC), salah satu divisi dari The American Library Association. Di Amerika Serikat, The Caldecott Medal merupakan salah satu penghargaan yang paling prestisius bagi buku anak-anak. Ajang penghargaan ini dilakukan setiap tahun, dimulai sejak 1938. 

Nama Caldecott sendiri diambil dari Randolph Caldecott, seorang ilustrator asal Inggris yang banyak membuat ilustrasi buku anak-anak pada abad ke-19. Selain Caldecott Medal, beberapa penghargaan juga diberikan kepada runner-up. Penghargaan ini disebut Caldecott Honors atau Caldecott Honor Books. Biasanya, buku yang mendapat Caldecott Medal akan diterbitkan kembali dengan menampilkan logo penghargaan ini di sampul bukunya.

gambar diambil dari sini

Beberapa kriteria untuk mendapatkan Caldecott Medal adalah sebagai berikut:
  • Buku tersebut harus diterbitkan dalam Bahasa Inggris di Amerika Serikat sebelum tahun berlangsungnya penghargaan.
  • Ilustrasi merupakan karya asli.
  • Ilustrator merupakan warga negara atau penduduk di wilayah Amerika Serikat.
  • Memuat unsur artistik dalam pengerjaannya, yang meliputi interpretasi gambar, kesesuaian ilustrasi dan cerita, plot, tema, maupun karakter.
  • Menghargai pemahaman dan kemampuan anak-anak.
  • Merupakan buku yang berdiri sendiri, tidak tergantung dengan media lain.
Selain Caldecott Medal, American Library Association juga memberikan penghargaan Newberry Medal.  Penghargaan ini sama prestisiusnya dengan Caldecott Medal. Hanya saja, jika Caldecott Medal mempertimbangkan dari segi ilustrasi, Newberry Medal lebih memperhatikan isi teks buku tersebut. The Newberry Medal mulai diberikan pada tahun 1922. Buku yang mendapat penghargaan bisa berupa karya fiksi, nonfiksi, maupun puisi. 

gambar diambil dari sini


Beberapa judul buku yang mendapat Caldecott Medal bisa dibaca di Bledug Mrapi Children Book Forum, diantaranya Owl Moon, Time of Wonder, dan The Glorious Flight. Bagi yang ingin membaca silakan kunjungi kami di Kampung Nandan, Jalan Monjali km 5 (barat SMP Karitas). Selamat membaca! :)

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Caldecott_Medal
http://www.wisegeek.com/what-is-the-caldecott-medal.htm
http://www.wisegeek.com/what-is-the-newberry-medal.htm

untuk informasi lebih lanjut beserta daftar pemenang Caldecott dan Newberry Medal bisa dilihat di: http://www.ala.org/alsc/awardsgrants/bookmedia


0 komentar:

Posting Komentar