Get me outta here!

Sabtu, 16 Juni 2012

Bagian 2 TINTIN : Jejak Awal Petualangan


Herge sang kreator
Awalnya….
George Remi dengan menggunakan nama pena Herge (RG), menciptakan seorang tokoh bernama Totor. Totor adalah seorang anggota pramuka muda. Inspirasi tokoh ini berasal dari kesenangan Herge akan dunia kepramukaan. Totor muncul dalam  versi komik strip. Selanjutnya Herge menggambar tokoh Tintin untuk lampiran bagian anak-anak (Le Petit Vingtième) dari  harian  Le XXe Siècle/ Le Vingtième Siècle. Tokoh Totor sangat mempengaruhi Herge dalam menggambarkan Tintin baik fisik maupun kepribadiannya. Format komik strip juga masih digunakan dalam menceritakan petualangan Tintin.
Totor "kakak"nya Tintin
Serial petualangan pertama Tintin adalah Tintin di Soviet yang muncul dari tanggal 10 Januari1929 hingga 11 May 1930. Selama kemunculan Tintin itulah, oplah meningkat hingga 600% atau 6 kali lipat !! Dari serial pertama inilah kemudian Herge membuat cerita petualanggan di banyak negara lainnya seperti Belgia, Kongo, Amerika Serikat, Mesir, India, Cina, Inggris bahkan Indonesia. Selain berlatar Negara yang nyata, Herge juga menciptakan Negara-negara imajinatif seperti republik San Theodoros dan Syldavia.
Salah satu penampilan perdana Tintin
Pada kisah-kisah awal, lingkungan politik sangat mempengaruhi cerita yang dibuat. Seperti pada Tintin dan Tongkat Ottokar,  Tintin melawan seorang tokoh fiksi bernama Muttler. Nama Muttler dikatakan tersusun dari Musolini dan Hittler. Selanjutnya pada tahun 1940 Nazi Jerman menduduki Belgia dan untuk mengukuhkan kekuasaannya, kemudian menutup harian Le XXe Siècle . Herge kemudian pindah ke harian  Le Soir, sebuah harian yang berada dalam pengaruh Jerman. Herge kembali menggambar Tintin. Suasana yang lebih menekan, mengakibatkan Herge tidak lagi memasukkan unsur politik dalam petualangan Tintin. Setelah berakhirnya perang dunia II, Herge keluar dari Le Soir dan menciptakan majalah Tintin.
Serial pertama, "Tintin di Tanah Sovyet"
Hingga pada tahun 1950, Herge mendirikan Studio Herge. Dari sini kemudian muncul versi warna dari serial terdahulu dan juga seri baru hingga jumlah keseluruhan mencapai 23 seria. Selain itu, Studio Herge juga mempublikasikan karya lain hingga kematian Herge pada 1983. Pada tahun 1986, muncul seri ke 24 (Tintin dan Alpha-art), di saat yang sama Studio Herge bubar dan seluruh asetnya berpindah ke Herge Foundation.
Akhirnya….
Melihat dari awal terbitnya di tahun 1929 hingga tahun kematian Herge di tahun 1983, kualitas cerita maupu gambarnya meningkat. Dari segi cerita yang bermuatan politis di awal-awsal petualangannya hingga menjadi seorang petualang yang benar-benar bebas dan netral. Teknik Ligne Claire (Clear-line) bukanlah teknik yang dikuasai dari awal mula petualangan Tintin tapi merupakan  sebuah proses yang amat panjang. Banyak unsure atau aliran seni yang menginspirasi Herge dalam penemuan teknik ini. Ligne craire mencapai kematangannya pada saat Petualangan Tintin Lotus Biru dirilis.
Serial yang dianggap menjadi masterpiece  adalah Tintin dan Lotus biru. Dianggap menjadi mahakarya karena pada serial ini, kekauratan dalam hal geografi dan budaya penduduknya mengagumkan.  Hal itu bisa terjadi karena bantuan Zhang Congren, seorang siswa 26 tahun dari Cina.  Zhang meminta Herge untuk benar-benar mempelajari keadaan budaya dan geografis Cina yang seakurat mungkin, karena anggapan orang Eropa pada tahun 1930-an tidak begitu baik. Herge tersadar dan berusaha mempertanggungjawabkan karyanya, agar tidak terjadi lagi serial berbau rasis seperti Petualangan Tintin di Kongo atau pandangan pada kaum Bolshevik  yang sangat kejam di Rusia seperti tampak pada serial Tintin di Soviet. Meskipun, untuk kasus Rusia, ada beberapa pengamat ekonomi yang sependapat dengan gambaran Herge. Serial ini menjadi pijakan penting, karena setelah itu Herge melakukan penelitian yang mendalam sebelum memulai sebuah serial. Serial Tintin ke Bulan menjadi salah satu bukti mendalamnya proses penelitian sampai-sampai Herge dapat menggambarkan pakaian luar angkasa yang mendekati kenyataan, mengingat serial ini ditulis 16 tahun sebelum pendaratan pertama di bulan.  

0 komentar:

Posting Komentar