Get me outta here!

Selasa, 17 Juni 2014

Pangeran dari Negeri Salju



Judul     : Pangeran dari Negeri Salju
Penulis  : Daisaku Ikeda
Tebal    : 20 halaman

           Sekali lagi Daisaku Ikeda menghadirkan sebuah kisah perjuangan anak-anak yang mengajarkan untuk tidak lekas putus asa dalam menghadapi kesusahan dan kesedihan. Dalam buku ini diceritakan tentang dua bersaudara yang bernama Mariko dan Kazuo. Mereka adalah anak dari seorang nelayan sederhana  yang hidup di sebuah tempat yang bernama Negeri Salju. Ketika musim dingin tiba, seluruh permukaan tanah di negeri ini akan tertutup salju putih yang sangat tebal. Lautan dan sungai pun akan membeku sehingga tidak akan bisa digunakan untuk mencari ikan.
           Kehidupan Mariko dan Kazuo sebenarnya cukup bahagia sebelum datangnya musim dingin. Musim dingin kali ini merupakan yang terkejam dari yang pernah mereka  pernah alami sebelumnya. Mereka sedih karena ayahnya terpaksa meninggalkannya untuk mencari pekerjaan ditempat lain demi mencukupi kebutuhan keluarga. Namun di dalam kesengsaraannya, mereka berdua masih mau peduli dengan nasib kawanan angsa yang kesulitan mencari makanan karena seluruh air di danau telah berubah menjadi es. Karena perbuatannya ini, pada suatu malam datanglah seorang pangeran yang bertugas untuk melindungi seluruh makhluk dalam terjangan musim dingin yang kejam. Pangeran ini adalah pangeran negeri salju. Dia datang untuk mengucapkan terimakasih kepada Mariko dan Kazuo yang telah menyelamatkan angsa-angsa itu. Dia juga berpesan: Apapun yang terjadi, jangan putus asa.
           Setelah kedatangan pengeran negeri salju, Mariko dan Kazuo percaya bahwa tak ada kesulitan maupun kesedihan yang tidak bisa diatasi jika mau berusaha. Bahkan ketika mereka mendengar bahwa di suatu tempat yang jauh di sana, Ayah mereka mengalami kecelakaan. Mereka sangat sedih mendengar kabar ini. Apalagi ketika terpaksa ditinggal ibu meraka yang hendak menjenguk ayahnya. Namun, mereka ingat akan nasehat yang diberikan pangeran negeri salju. Walaupun mereka hanya tinggal berdua di tengah dinginnya musim dingin yang kejam, meraka masih terus merawat angsa-angsa yang malang itu. Sampai akhirnya musim semi tiba, pengeran negeri salju kembali mendatangi mereka untuk kembali berterimakasih. Ayah dan ibunya pun juga telah kembali dengan keadaan telah sehat.

          Buku ini sangat pantas untuk dibacakan kepada putra-putri anda dirumah. 

0 komentar:

Posting Komentar