Get me outta here!

Minggu, 22 Juni 2014

Selamat Ulang Tahun Jakarta!





Judul : Indonesian Heritage: Jakarta
Penerbit : Pustaka Lebah
Tahun : 2010
Bahasa : Indonesia

Horay!Ada yang ulang tahun. Siapa?hmmm.bukan orang tapi ibukota negara Propinsi Jakarta. Ya Jakarta pada tanggal 22 Juni merayakan hari jadinya ke- 487. Sebuah umur yang sudah sangat panjang ya. Kenapa dipilih pada tanggal 22 Juni?Singkatnya pada tanggal 22 Juni 1527, pelabuhan Sunda Kelapa ditaklukkan oleh Fatahillah dan..namanya pun diganti menjadi Jayakarta. 

Jakarta ini dari dulu kala (pelabuhan Sunda Kelapa) sudah menjadi pelabuhan yang cukup ramai dan pusat perdagangan yang penting. Bahkan seperti kita ketahui, pada saat namanya masih Batavia, Batavia menjadi pusat operasi VOC di Indonesia. Kini, Jakarta menjadi ibukota negara Indonesia, pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Okey kini menu utamanya…bku dari penerbit Bee..Indonesian Heritage Amazing Stories of Provinces : Jakarta.

Dalam serial Indonesia Heritage, Pustaka Lebah berusaha menyajikan berbagai macam kisah yang ada dalam suatu propinsi, sejarah dan perkembangannya, suku yang menghuni, seni dan budaya dan masih banyak hal lainnya. Semua pengetahuan disajikan dengan bahasa yang enak dibaca dan dipahami, ditunjang dengan ilustrasi yang…sangat banyak dan sedikit lucu.

 

Pada buku ini, Jakarta yang mendapat giliran untuk ditelusuri kekayaan yang ada didalamnya. Kita akan diajak  menelusuri Jakarta dalam 6 bab, yang membahas sejarah perkembangan Jakarta, seni dan budaya Jakarta, suku bangsa yang tinggal, hingga permasalahan yang ada. Dari bab-bab  tersebut kita bisa tahu asal usul kota Jakarta dan kenap ultah tanggal 22 Juni, asalnya suku Betawi (yang salah satu asal namanya..agak unik), makanan khasnya yang lezatos (enak) tapi kurang diperhatikan, sampai banjir yang ternyata sudah jadi penyakit kronis kota Jakarta dari semenjak Belanda bercokol . Semua dijabarkan singkat dan padat, dengan ilustrasi yang singkat dan padat pula.

 

Sebagai pengenalan pertama untuk anak, buku ini sangat direkomendasikan (dibanding baca buku antropologi, sejarah, yang bukunya bisa ditumpuk untuk bantal si anak..ups). Sebagus-bagusnya buku, kesempurnaan tetap hanya milik Tuhan (lho ceramah), buku ini tentu tidak menyingkap semua hal tentang Jakarta, dan penempatan beberapa kolom informasi yang terasa agak membingungkan mengingat ilustrasinya yang penuh. Tapi secara keseluruhan,cukup memuaskan sebagai karya anak bangsa.:) 

0 komentar:

Posting Komentar