Get me outta here!

Kamis, 05 Juni 2014

Pojok Kreatif #4: Reversi Buatan Sendiri



Halo!Pojok Kreatif kali ini ingin mengenalkan sebuah permainan yang namanya Reversi.  Reversi adalah permainan yang diciptakan pada tahun 1883 oleh (salah satu di antaranya) Lewis Waterman atau John W. Mollett. Karena permainannya sederhana tapi menantang, permainan ini kemudian mulai popular di Inggris pada akhir abad 19, bahkan kini ada kejuaraan dunianya hingga kemarin tahun 2013. Ah diartikel ini, tidak hanya perkenalan saja,tapi juga bagaimana membuatnya dengan bahan sederhana dan hasilnya ringkas.
Oya kalau ada sisa potongan karton atau kertas tebal lain, jangan dibuang. kita masih bisa memanfaatkannya untuk membuat permainan Reversi ini. Oke, langsung ke meja kerjaaaa….

Bahan yang dibutuhkan
  1. Sisa potongan karton atau kertas tebal
  2. Kertas kalender bekas
  3. Cat poster
  4. Kertas kalender

Alat
  1. Pensil
  2. Jangka
  3. Penggaris
  4. Drawing pen (karena kertas kalender yang dipakai licinnn)
  5. Gunting
  6. Kuas

Cara membuat
1. Mari kita buat gambar lingkaran menggunakan jangka. Lingkaran punya jari-jari 1,9 cm, jumlahnya 64 buah


2. Memotong lingkaran..sabar ini yang paling capek hehe.


3. Setelah jadi, kedua sisi lingkaran-lingkaran itu diberi warna yang berbeda dengan cat poster


4. Untuk papan permainannya, kita ambil kertas kalender dan gunakan bagian yang putih. Kemudian buat kotak ukuran 20 cm x 20 cm. Kemudian buat kotak di dalam dengan ukuran 16 cm x 16 cm.Jarak antara kotak dalam dan luar adalah 2 cm di tiap sisi.Kotak yang bagian dalam kemudian dibagi lagi menjadi 64 kotak (8x8) dengan ukuran kotak 2 cm x 2cm
 
Demikian!Othelo bisa lagsung dimainkan bersama teman,sahabat, ayah ibu, saudara!

Cara bermain :
1. Meletakkan bidak/pion di papan seperti berikut. Kemudian menentukan siapa yang bergerak dulu


2. Kali ini, yang bergerak terlebih dahulu adalah merah. Sasaran permainan ini adalah menguasai dan merubah warna bidak lawan, dengan cara menjepitnya. Di papan ini diandaikan kolom kolom diberi kode A-H mulai dari pojok kiri, sedangkan baris 1-8 dari pojok atas. Pada putaran pertama,merah meletakkan bidak di  C-5. Biru di D-5 yang terjepit merah di C-5 dan E-5 berubah menjadi merah. Pada putaran selanjutnya, biru meletakkan bidak di E-6, sehingga merah E-5 berubah menjadi biru karena terjepit biru E-4 dan E-6. Begitu seterusnya 


(INGAT!Setiap pemain harus menggunakan kesempatan jalan setiap tiba gilirannya, kecuali pemain tidak memiliki peluang untuk meletakkan bidak (alias menjepit bidak lawan))

3. Lakukan langkah yang sama seterusnya sampai memenuhi kotak permainan.  Pemain yang menang adalah yang warna bidaknya lebih banyak.


Selamat membuat dan menikmati permainan.:D

0 komentar:

Posting Komentar