Get me outta here!

Selasa, 17 Juni 2014

Pohon Sakura



Judul     : Pohon Sakura
Penulis  : Daisaku Ikeda
Tebal    : 20 halaman             
        Membaca buku ini kita akan disajikan pandangan baru tentang betapa menakjubkannya sebuah kekuatan yang bernama “harapan”. Semua hal didunia bisa terjadi dan diwujudkan selama masih ada keyakinan yang dibarengi dengan kerja keras. Karena sebenarnya tidak ada satupun harapan yang terlalu besar, dan tidak ada pengharap yang terlalu kecil.
        Cerita dalam buku ini ini berpusat pada dua anak bersaudara  yang bernama Taichi dan Yumiko. Mereka adalah anak-anak yang hidup dalam kesengsaraan akibat perang yang terus berkecamuk di negaranya. Rumahnya telah hancur berkeping-keping dan Ayah mereka tewas. Ibu setiap hari terpaksa meninggalkan mereka untuk bekerja demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.
        Untuk mengisi kebosanan, terkadang mereka bermain dengan anak-anak sesama korban perang lainnya. Suatu hari, tanpa sengaja mereka berdua bertemu dengan seorang kakek tua yang sedang menyelimuti sebuah pohon sakura yang telah mati. Namun kakek itu menyangkalnya. Pohon sakura itu menurutnya hanya berhenti berbunga semenjak jatuhnya bom-bom perang didaerahnya. Kakek itu yakin dengan sedikit kesabaran dan kasih sayang maka suatu hari pohon skura itu akan berbunga lagi.

        Semangat yang ditunjukkan kakek itu kemudian menular ke Taichi dan Yumiko. Selama berbulan-bulan mereka membantu kakek itu merawat pohon sakuranya. Dari musim gugur, panas, dan dingin mereka tidak pernah berputus asa. Mereka tidak pernah berhenti mengharap yang terbaik. Hingga akhirnya musim semi pun tiba. Pohon itu segera dipenuhi dengan daun-daun, bunga-bunga bagaikan sutera dan manisan. Orang-orang dari segala penjuru negeri berdatangan untuk menyaksikan keindahan tersebut. 



0 komentar:

Posting Komentar